Dyno Test Solusi Tepat Uji Peforma Kendaraan Kalian

Ghuponkmotoride.com – Bro n Sis sedoyo balik lagi neng kene lagi cah, perkembangan sepeda motor roda kini ada beberapa segmen mulai dari segmen matic, sport, bebek, dan hingga Moge alias Motor Gede, pasar dunia otomotif kini mulai bersaing akan penjualan dengan segemen2 tersebut, akhir2 ini pasar otomotif dunia di segmen moge keni naiknya sangat pesat, adanya motor dengan cc diatas 250 selalu cukup menyita perhatian pengunjung di beberapa pameran otomotif.

Kehadiran motor gede atau moge (big bike) selalu membuat orang tertarik dan penasaran, apalagi dengan desain dan model yang menarik dan berteknologi canggih. Kebanggaan dalam berkendara menjadi daya tarik konsumen untuk memelihara motor besar, ditambah dengan kemudahan untuk memiliki serta perawatannya.

Nah seperti pembahasan sedikit ane soal moge Motor Gede anekan memberikan informasi yang pastinya para pecinta motor berCC diatas 250 jadi tau manfaatnya. Punya motor gede atau moge yang kapasitas mesinnya 250cc keatas pastinya perlu perwatan yang sangat lumayan ektra perawatan rutin diperlukan untuk mempertahankan performa motor dan menjaga keawetan komponen. Merawat motor besar ini juga merupakan langkah pencegahan dari terjadinya kecelakaan akibat dari faktor kendaraan.

Perawatan kendaraan meliputi komponen roda, rem, suspensi, eletrikal dan mesin menjadi faktor pengamatan utama. Pengujian performa sepeda motor besar dengan mesin berkapasitas besar tidak bisa hanya dilakukan dengan metode konvensional yaitu tes kecepatan di jalan. Disarankan, pengujian big bike dilakukan dengan menggunakan peralatan yang sanggup menyajikan angka yang terukur dari sepeda motor besar. Alat itu adalah Dynamometer.

Pastine istilah Dyno Test atau alatnya disebut Dynamometer, kalian udah ndak asing dengan istilah trsebut, ane kan berikan info mengenai di Astra Motor Center Semarang (AMCS), dealer sepeda motor Honda yang terletak di Jalan Gajah Mada NO 88, Semarang adalah satu – satunya bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Jawa Tengah yang memiliki fasilitas Dyno Test. Fasilitas ini memiliki standar pekerjaan dan kualitas pabrikan Honda dengan alat serta teknisi yang mumpuni.

Apa sih Dyno Test Dan Dynamometer….??

Dynamomater adalah alat untuk menguji peforma mesin. Metode yang umum digunakan adalah metode Chasis Dynamometer yaitu mengukur performa mesin melalui roda belakang. Adapun yang bisa diukur adalah pencapaian torsi per rpm (rotation per minute), tenaga mesin per rpm, torsi dan tenaga mesin puncak serta kecepatan tertinggi. Hasil dari pengukuran dengan dynamometer dinilai lebih akurat karena diuji tanpa hambatan udara, angin dan faktor luar lainnya sehingga analisa gangguan mesin dapat dibaca secara real time. Alat ini diset di ruangan khusus kedap suara, menggunakan layar lebar komputer lengkap dengan program, pengikat kendaraan, saluran exhaust (pembuangan angin) serta dilengkapi pendinginan tambahan untuk membantu mesin mempertahankan panas optimal. Kegiatan menguji performa sepeda motor dengan alat dynamometer ini kerap disebut dengan Dyno Test.

Saat ini identik penggunaan Dyno Test erat hubungannya dengan mesin yang dimodifikasi. Sebenarnya salah satu keuntungan Dyno Test adalah faktor safety, yaitu sebagai pencegahan terjadinya potensi kecelakaan saat mencoba mengetes performa puncak mesin motor di jalan raya. Keselamatan dan keamanan sepeda motor kesayangan lebih terjamin dibanding mengeksplorasi performa Saat ini identik penggunaan Dyno Test erat hubungannya dengan mesin yang dimodifikasi. Sebenarnya salah satu keuntungan Dyno Test adalah faktor safety, yaitu sebagai pencegahan terjadinya potensi kecelakaan saat mencoba mengetes performa puncak mesin motor di jalan raya. Keselamatan dan keamanan sepeda motor kesayangan lebih terjamin dibanding mengeksplorasi performa mesin di jalan. Sehingga motor besar kesayangannya bisa terukur angka performanya.

Seperti yang dijelaskan oleh Alfian Dian Pradana Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng menerangkan bahwa pengetesan sepeda motor ber-cc besar akan lebih aman jika dilakukan di dyno room dengan alat dynamometer. Hal ini terkait dengan resiko yang mungkin akan terjadi jika melakukan pengetesan di jalan raya, misalnya kecelakaan.

“Selain faktor keamanan, dengan melakukan pengujian dyno test di ruangan khusus, pemilik sepeda motor Honda dapat langsung memperoleh hasil uji yang terukur dan akurat. Sehingga jelas tercatat data performa motor tersebut, bahkan juga bisa melihat kendala dan kerusakan motor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya. Supaya kita tetap bisa cari aman di jalan raya,” ujar Fian.

Okey deh sekian dulu artikel singkat ini semoga apa yang ane sampaikan bermnafaat dan berguna.

Monggo Nek Mau Tinggalkan Comment

%d bloggers like this: