Penting Kita Ketahui 7 Posisi Berkendara Yang Aman dan Nyaman

Ghuponkmotoride.com – Bro n Si sedoyo balik lagi neng kene lagi cah, nganu bro ane hari ini akan lanjutkan soal kesuruan event launching honda ADV 150 selain ada Touringnya namun ada manfaat yang sangat berguna bagi ane soal berkendara yang baik dan benar dalam workshop safety riding bareng team Safety riding Honda Jateng, pengalaman ini ane tulis sih supaya selain berguna buat ane namun buat para pembaca dalam blog ane bisa tau cara berkendara yang baik dan benar.

Ngomongin Soal Safety riding itu sangatlah penting banget khususnya dalam mobilitas tiap harinya yang gunakan kendaraan roda dua maupun roda 4. Nah, dalam artikel hari ini akan ane bahas dalam workshop kemarin dengan Team Safety Riding Honda Jateng soal posisi berkendara yang baik dan benar.

Dalam Posisi berkendara yang benar ada kurang lebih 7 posisi yang wajib di patuhi saat berkendara khususnya kendaraan roda dua, dalam Workshop Safety riding dibawakan oleh instruktur terbaik dari team Safety Riding Honda Jateng yakni Mas Alfian. 7 posisi berkendara yang baik dan benar apa saja sih??

Posisi 7 berkendara supaya aman dan nyaman saat berkendara yakni

Posisi Pandangan mata.

Pandangan Mata Kita harus fokus kedepan pada saat berkendara dijalan raya, biasane orang yang kecelakan dijalan diakibatkan kurang fokusnya terhadap jalan.

Posisi Pundak,

Pundak Kita harus relex pada saat kita berkendara dijalan, biasane kalian kalau riding pundak rasane kenceng to, itu namane belum relex, supaya relex tarik nafas dalam lalu hempaskan namun sebaiknya berhenti dulu kalau untuk merelexan pundak.

Posisi Siku

Siku kita harus disarankan agar posisi siku pengendara ditekuk sedikit hingga membentuk sudut 120 derajat, ini berfungsi adalah sebagai suspensi untuk mata. Karena motor itu kan suspensi setang depan akan terus bergerak, sehingga mata perlu keseimbangan, mata enggak boleh bergoyang. Dengan siku ditekuk, begitu ada guncangan, mata akan stabil. Tangan kalau lurus, dia akan cepat capai. Lalu, kalau lewat guncangan tidak bisa diredam oleh siku, begitu ada guncangan akan mengalir ke bahu, dari bahu langsung ke kepala, sehingga keseimbangan akan terganggu.

Posisi Tangan

Tangan kita saat berkendara dijalan harus menggenggam Grib penuh sepeda motor kalian, ini fungsine Kalau ada salah satu atau beberapa jari yang stand by memegang handle rem, pada saat panik pasti yang dilakukan adalah menarik handle rem itu. Akibatnya kita bisa menarik rem sambil nge-gas, akibatnya roda belakang akan terus mutar, berbahaya. Kalau posisi tangan sepenuhnya memegang grip, saat mau mengerem, kita bisa tutup gas dulu, baru tekan handle rem.

Posisi Pinggul

Pinggul kalian harus tepat ditengah-tengah jok motor kalian supaya nyaman pada saaat berkendara sehingga mudah dapat mengoperasikan dan mengendalikan sepeda motor kalian.

Posisi Lutut dan Kaki.

untuk posisi lutut alangkah baiknya sejajar dengan sayap depan (leg shield) atau menjepit tangki bensin untuk motor sport. Posisi ini sekaligus bisa memudahkan pengendalian saat berbelok. Sedangkan untuk posisi Kaki kita Letakkan bagian tengah telapak kaki pada sandaran kaki dengan bagian jari kaki tetap menghadap ke depan. Untuk motor sport dan bebek,posisikan ibu jari kaki kanan secara ringan di atas pedal rem, dan ibu jari kaki kiri di atas pedal persneling. Posisi ini bertujuan agar kaki tetap aman dan dalam kondisi siaga.

Okey itulah artikel dan manfaat yang ane bisa terima dari workshop safety riding kemarin semoga apa yang ane sampaikan dapat berguna bagi kalian semua.

Monggo Nek Mau Tinggalkan Comment

%d bloggers like this: