[Hot Newz]Honda Jateng gelar Technical Skill Contest ke 24, biar kualitas mekanik terjaga

bro n sis selamat malam sedoyo cah, kembali lagi bersama ane disini malam masih suasana long weekand cah jangan lupa selalu #cari_aman ketika riding kemana saja ya cah. ane akan membahas Technical Skill Contest ke-24 yang digelar oleh main dealer astra motor cente semarang selaku produsen sepeda motor honda diarae jawa tengah tetap stay diblog ane ya cah…

bro n sis ngomng soal technical skill contes ke 24 ini setiap tahune pasti di gelar oleh main dealer astra motor cente semarang selaku produsen sepeda motor honda di jawa tengah, kontes Technical Skill ini ditunjukan untuk mekanik Ahass, service advisor Ahass serta siswa SMK yang ada di jawa tengah.
Kepala Bagian Technical Service Department Astra Motor Jateng Visiawan Andhika mengatakan bahwa ada dua tujuan mengapa pihaknya menyelenggarakan kontes ini. Pertama adalah guna menjaga kualitas tenaga mekanik serta Service Advisor di 321 jaringan AHASS Honda Jateng, dan kedua adalah guna menyeleksi kontestan untuk dikirim pada kontes nasional.

“Sudah 3 tahun berturut-turut mekanik dari Jateng menjadi juara pertama di ajang nasional kontes mekanik yang diselenggarakan AHM, dan tahun lalu mewakili Indonesia untuk lomba di ajang Asia-Oceania. Tradisi ini yang mau kita jaga, dengan Honda Technical Skill Contest ”, jelas Visiawan.
Secara keseluruhan, tercatat ada 1.643 Mekanik, 167 Service Advisor, dan 3.876 Siswa SMK yang mengikuti Technical Contest ini. Jumlah ini menjadi jumlah kepersetaan terbanyak selama kontes ini diadakan di wilayah Astra Motor Jawa Tengah.

Dari ribuan peserta tersebut menjalani serangkaian tahap kontes, sebelum menuju final. Pada tahap awal, para peserta diseleksi melalui pengetahuan akan teori terhadap teknik sepeda motor dan perawatan sepeda motor Honda. Selanjutnya pada tahap kedua, peserta Mekanik dan Siswa SMK dihadapkan dengan tantang untuk mengecek serta mengukur kondisi mesin motor diatas sebuah meja. Sedangkan peserta Service Advisor diuji tentang kemampuannya memberikan pelayanan terhadap konsumen dalam uji role play.

Setelah melewati tahap kedua, dari ribuan jumlah peserta tersebut diambil 10 Mekanik, 10 Service Advisor dan 5 Siswa SMK yang berhak untuk mengikuti tahap final. Tantangan yang diberikan untuk tahap final pun semakin sulit, para peserta diberi kesempatan dalam waktu 30 menit untuk menemukan dan memperbaiki permasalahan dari motor Honda tanpa diberitahukan sebelumnya (trouble shooting).

Pemenang Akan Mewakili Jateng di Ajang Nasional
Selepas tahap final, akhirnya keluar 3 pemenang dari setiap kategori yang dilombakan. Untuk kategori mekanik juara pertama dimenangkan oleh Nispi Rohmansyah dari Astra Motor Klaten, kemudian juara kedua Hariyadi dari Astra Motor Klaten, dan Nuryatin dari Jatimas Motor Tegal. Pada kategori Service Advisor piala utama berhasil diraih oleh Supardi dari AHASS Putri Jaya, juara kedua oleh Kumaidi dari AHASS Wali Motor, dan juara ketiga Afid Ananto dari Surya Utama Perkasa Semarang.

Sedangkan untuk kategori SMK, podium pertama berhasil direbut oleh Lilik Sudarsonodari SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar, juara kedua oleh Alfan Ramdhan dari SMK 3 Muhammadiyah Weleri, dan juara tiga menjadi milik Dedi Iswanto dari SMK Muhammadiyah Kudus.

“Dari pemenang akan kami latih kembali untuk menjadi perwakilan Jateng di ajang nasional. Untuk Mekanik dan Service Advisor hanya juara pertama yang boleh ikut ke ajang Honda Technical Skill Contest, sedangkan kategori SMK ketiganya berhak untuk berjuang di ajang nasional,” pungkas Visiawan.

Pada kesempatan yang sama, pemenang utama kategori mekanik Nispi Rohmansyah dari Astra Motor Klaten mengatakan bahwa dirinya cukup senang bisa memenangkan kontes ini untuk kedua kalinya. Dirinya menyatakan siap untuk kembali mengharumkan nama Jateng di tingkat nasional.

“Bakal latihan lagi, bongkar motor ambil waktu lebih. Saya senang, ini jadi tantangan untuk saya bawa harum tanah kelahiran saya, Jawa Tengah, ke tingkat Nasional, bahkan Internasional nantinya,” terang Nispi sewaktu ditanya mengenai kesiapannya menghadapi Honda Technical Skill Contest yang akan diadakan Juli mendatang.

Berbeda dengan Nispi, pemenang Technical Skill Contest kategori SMK Lilik Sudarsono dari SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar bahwa kemenangan dirinya menjadi pengalaman yang unik baginya. Kontes Technical Skill ini menjadi kontes pertama diikuti Lilik.

“Seneng, perasaan campur aduk. Pas tahap final kaget juga, karena soal yang diberikan berbeda dari materi yang selama ini kami pelajari. Saya bangga, dan siap-siap untuk tahap selanjutnya,” pungkas Lilik sumringah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*