Pentingnya Indera Penglihatan Saat Berkendara

GM.com – Bro n sis sedoyo balik lagi neng kene, sangat penting memperhatikan kendala yang mungkin terjadi ketika kita berkendara, salah satunya adalah memahami mengenai pola bahaya yang bisa ditangkap oleh indra penglihat. Fokus saat berkendara saja tidak cukup, tetapi juga ditunjang dari ketajaman mata, ruang lingkup mata, dan beberapa gangguan penglihatan saat berkendara.

Dalam artikel Hari ini ane akan memberikan sedikit tips mengenai Senjata utama Cari Aman adalah Indera Penglihatan, Semoga apa yang ane sampaikan bermanfaat dan berguna. Berikut adalah pembahasan mengenai pentingnya penglihatan visual saat kita berkendara :

  • Pertama, ketajaman mata seseorang bertolak belakang dengan kecepatan saat berkendara, jadi semakin tinggi kecepatan akan semakin berkurang ketajaman mata seseorang. Saat pagi dalam kondisi fisik yang sehat, maka kemampuan visual 120%. Saat sepeda motor bergerak dengan kecepatan 10 km/jam maka ketajaman mata kita menjadi 100% dan akan terus menurun bersamaan dengan bertambahnya kecepatan kendaraan dan juga usia seseorang.
  • Kedua, ruang lingkup mata, yaitu dengan seberapa besar sudut pandang yang bisa diterima oleh indra penglihatan, penjelasannya adalah ketika kita diam dan melihat lurus kedepan, maka mata kita menangkap pandangan dikanan atau kiri wajah kita tanpa harus melirik. Dalam kondisi sehat dan normal, luasan pandangan mata saat berhenti adalah 180 – 200 derajat. Namun jika kita bergerak maka akan semakin menyempit luasan ruang lingkup mata kita untuk melihat dengan jelas. Makin tinggi kecepatan maka akan semakin berkurang ruang lingkup mata.
  • Ketiga,  gangguan penglihatan saat mata menerima cahaya yang menyilaukan. Ketika mata menerima cahaya lampu dari arah berlawanan, Anda merasa silau dan kemudian sesaat akan kehilangan ketajaman visual beberapa saat. Yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi adalah :
  1. Dapatkan informasi akurat sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum kita terkena atau menerima cahaya
  2. Mata selalu tertarik dengan cahaya lampu, biasakan tidak melihat cahaya lampu depan yang mendekat
  3. Perhatikan bahu jalan dan mediantengah jalan dan berkendara harus stabil
  4. Bersiap jemari atau kaki pada tuas atau pedal rem sehingga Anda dapat merespon jika harus menurunkan kecepatan (hindari mengerem mendadak atau terlalu keras)
  • Keempat, mengenai adaptasi gelap,dibutuhkan sekitar 5 – 10 menit untuk memperbaiki pandangan ketika berpindah dari kondisi terang ke kondisi rendah cahaya atau gelap. Adaptasi terang yaitu dari kondisi rendah ke pencahayaan yang tinggi, maka mata akan silau dan mungkin tidak dapat membuka mata Anda selama beberapa saat. Namun, adaptasi ini membutuhkan waktu lebih cepat dibanding adaptasi gelap.

6 thoughts on “Pentingnya Indera Penglihatan Saat Berkendara”

    1. Betul pak visibilitas saat berkendara sangat penting. Makanya setiap perpanjangan SIM pasti di periksa lagi kondisi matanya.. btw ketika visibilitas menurun akan lebih bijak jika kita menurunkan kecepatan kendaraan kita.. safety first!

      1. ya kang, kemarin juga hbs nganter temen perpanjang sim, ada masalah matanya disarankan untuk priksa lebih lanjut

Monggo Nek Mau Tinggalkan Comment

%d bloggers like this: