Belajar Lebih Dalam Rangka Baru ESAF Honda

Ghuponkmotoride.com – Bro n sis sedoyo balik lagi neng kene, beberapa lalu ane dapat pengalaman yang menarik banget mengenai sharing ilmu safety riding selain itu Yang bikin ane sangat antusisas pada sesi produk knowled pada sesi ini PT Astra Motor center semarang memberikan materi produk knowled yakni soal produk barunya All new Honda Beat 2020, meteri yang diberikan sangat benget berkesan dan penuh dengan rasa penasaran banget khususnya pembahasan mengenai rangka baru yang digunakan All New Honda Beat 2020 ini.

Nah, dalam pembahasan kali ini ane akan bahas detail dari rangka baru All new Honda beat 2020 ini, sebenernya rangka baru ini juga digunaka di produk barunya dan fresh yakni Honda Genio. Kendaraan yang nyaman, mudah dikendalikan dan memiliki stabilitas tinggi akan sangat membantu mobilitas manusia. Nyaman dikendarai berarti manusia mampu mengoperasikan dengan mudah, mengendarai dengan minim getaran dan guncangan, memiliki perasaan yang menyatu dengan kendaraan. Salah satu pinsip dalam berkendara adalah mengendalikan kendaraan bukan sebaliknya. Sepeda motor harus mendukung hal tersebut dengan kemudahan akselerasi, deselerasi, menikung, mengerem, semuanya bisa dilakukan keadaan stabil atau tidak mudah goyang atau tidak sering melakukan koreksi.

Untuk mencapai kemampuan kendaraan seperti itu perlu rangka yang mudah didesain, rigid (kaku), kuat menahan beban, mampu meredam tekanan dan getaran. Rangka memiliki peranan sebagai struktur utama yaitu sebagai pemegang bodi, mesin, lengan ayun, suspensi beserta komponennya dan membentuk karakter pengendalian motor seperti caster, trail, radius belok, sudut suspensi dan panjang sumbu roda.

Penggunaan rangka kaku, kuat, dan mampu menahan getaran identik dengan penggunaan bahan yang tebal, tidak mudah melengkung dan pastinya berat. Namun, di satu sisi, bahan yang berat merupakan musuh dalam hal memudahkan pengendalian. Berat dapat mengurangi kemampuan motor bergerak lincah dan menguras tenaga pengendara saat mengendalikannya. Bahkan menyebabkan motor tersebut menjadi boros bahan bakar, karena butuh tenaga yang lebih untuk mengendalikan motor.

Oleh karena itu, Honda memperkenalkan teknologi terbaru yaitu ESAF (Enhanced Smart Architecture Frame) yang memiliki kemampuan desain arsitektur sehingga memudahkan dalam hal penataan ruang yang diperlukan, analisa pembagian beban, tekanan dan titik berat kendaraan. Sehingga dengan rekayasa tersebut mampu mengurangi bobot rangka tanpa mengurangi kekuatan dan justru malah menambah kemampuan menahan beban berkat rekasaya arsitektur.

Hasil rangka dari eSAF yang dipasang ke sepeda motor mengakibatkan pengendara mengendalikan lebih mudah karena lebih lincah tanpa kuatir terjadinya perubahan bentuk (deformasi) rangka karena lebih kuat menahan beban dan tekanan, sekaligus tenaga mesin tidak terkuras untuk melawan bobot motor yang berat berakibat boros.

Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng mengatakan bahwa teknologi ini telah diperkenalkan dan dipasang di sepeda motor Honda terbaru, Honda Genio dan Honda BeAT tahun 2020.

“Dengan adanya teknologi terbaru ini, sudah pasti potensi keselamatan dan keamanan berkendara dari faktor kendaraan akan meningkat. Hal ini dikarenakan bikers dapat lebih fokus dalam berkendara dan memprediksi bahaya di jalan raya karena tenaganya tidak banyak terbuang akibat beban rangka motor. Tentunya, jadi makin #Cari_Aman ya…” tutup Oke.

Okey deh, udah sedikit paham ane mengenai rangka baru yang digunaka di all new honda beat dan honda genio, mulai dari pembuatnya dari step by step. okey deh sekian dulu artike hari ini semoga apa yang ane sampaikan bermanfaat dan berguna

Monggo Nek Mau Tinggalkan Comment

%d bloggers like this: