Yamaha Berikan Gebrakan Baru Dengan Merilis Motor Listrik Yamaha E-Vino

Bro n Sis sedoyo balek meneh sama ane disini, alhmdulillah sudah kembali sehat awake, Yamaha Indonesia Motor Manufactur (YIMM) kemarin telah luncurkan produk barunya sebuah motor bertenaga listrik, Motor tersebut merupakan motor listrik pertama yamaha yang ada di Indonesia dengan nama Yamaha E-Vino. wih keren tenan cah, penasaran dengan Yamaha E-Vino seperti apa bentuke tetap stay diblog ane cah. 

Yamaha E-Vino yang hadir di Indonesia dijual dengan harga sekitar 23 juta rupiah, Yamaha E-Vino pertama kali dikembangkan oleh Yamaha Motor Taiwan pada tahun 2014, Nampaknya Yamaha Motor Indonesia tertarik untuk menjajaki pasar sepeda motor listrik di Indonesia setelah kehadiran motor listrik dari Viar yaitu Viar Q1 yang mendapat respon positif dari masyarakat. Yamaha E-Vino ini bentuk bodinya memang hampir mirip-mirip dengan motor matik Yamaha, yaitu Yamaha Fino Namun pada Yamaha E-Vino ini tidak memiliki standar samping, yang ada hanyalah standar tengah dengan alasan untuk keamanan supaya ketika pemilik lalai memutar tuas gas motor tidak bergerak maju, Yamaha E-Vino ini memiliki dimensi panjang 166 cm, lebar 67 cm, dan tinggi sekitar 100 cm, motor ini memiliki tinggi jok diangka 72 cm yang disesuaikan dengan tinggi badan rata-rata penduduk di Indonesia,yang menarik lagi dari motor ini adalah memiliki berat kosong yang sangat ringan dengan berat kosong dari motor ini yaitu di angka 66 kg, ringan banget ya, untuk bagian velg gunakan casting wheel berukuran 10 inch , untuk rem motor listrik ini masih menggunakan rem tromol untuk bagian depan maupun belakang.

Motor Yamaha E-Vino ini dinilai memiliki kepraktisan dan fungsional yang tidak kalah dengan motor konvensional. Lalu fitur-fitur apa saja sih yang ada pada motor listrik Yamaha E-Vino ini. Pada bagian dashboard disuguhi panel instrumen digital yang walupun kecil dan sederhana namun memuat lengkap fitur-fitur seperti tampilan speedometer, odometer, tripmeter, konsumsi baterai, dan juga jam. Yang unik dari motor listrik ini adalah baterainya dapat dilepas saat akan dicharging sehingga tidak perlu repot-repot untuk membawa motor saat charging. Atau jika mempunyai baterai  cadangan dapat digunakan untuk bergantian. Motor listrik Yamaha E-Vino ini ditenagai oleh baterai Lithium-ion yang memiliki kapasitas 50V-12Ah. Jika baterai dalam kondisi terisi penuh 100% maka motor listrik mampu digunakan untuk menempuh jarak sepanjang 33 km, namun untuk mencapai jarak terjauh, kecepatan harus stabil di angka 30 km/jam. Sedangkan waktu yang diperlukan untuk pengisian ulang baterai dari kosong sampai dengan baterai terisi secara penuh membutuhkan waktu selama 3 jam.

Untuk fitur unik yang lainnya adalah terdapat tombol dua mode mengemudi, yaitu tombol “power” dan tombol “boost”. Lalu apa perbedaan antara tombol “power” dengan “boost” tersebut? Untuk tombol “power” baik digunakan untuk jalanan biasa dengan akselerasi yang stabil dan torsi yang lebih lembut. Sedangkan untuk tombol “boost” cocok digunakan apabila akan melibas tanjakan yang membutuhkan torsi lebih besar atau saat awalan ketika akan berjalan yang membutuhkan akselerasi yang cepat. Motor ini diklaim dapat dipacu sampai dengan kecepatan diangka 44 km/jam.
Sumber : Cabrogo.net dan Naikmotor.com

Be the first to comment

Monggo Nek Mau Tinggalkan Comment