[Part 3]|Bagaimana sih Cara Menejemen Club yang baik dan benar??|

Bro n Sis sudah ndak sabar ya kalian menantikan lanjutan part terakhirnya… mari kita lanjutan menulis hari ini masih dengan tema yang sama loh ndak pindah kok, pada artikel yang saya tulis ini harus diperhatikan setia club atau community, tetap stay loh jangan keman kemana tetap diblog ane loh….

150603_524951190861871_933714956_n

KOMUNITAS yang memiliki banyak anggota yang datang dari beragam latar belakang tentu tak memiliki keleluasaan dalam menyusun agenda kegiatan. Perencanaan program kegiatan menjadi penanda utama, apakah komunitas itu berjalan atau tidak. Karena memiliki banyak anggota dan waktu mereka sedikit, komunitas mesti pintar-pintar mencari waktu dan kesempatan agar kegiatan komunitas tetap berjalan tapi tak menggadaikan waktu para anggotanya.

Penyusunan kegiatan komunitas harus melibatkan partisipasi sebanyak mungkin anggota untuk meningkatkan rasa memiliki, dukungan dan komitmen mereka terhadap pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut.

Honsariku Rakerda Kendal2

Program kerja yang tersusun mesti mampu membuat daur hidup organisasi mengalami keberlanjutan dan keberlangsungan. Berikut ini langkah-langkah dalam penyusunan program kerja.

  1. Tentukan kegiatan prioritas
  2. Realistis
  3. Logis
  4. Komitmen
  5. Komprehensif

Namun, apa pun bentuk kegiatannya setiap komunitas perlu memerhatikan prinsip-prinsip penyelengaraan kegiatan komunitas sebagai berikut:

  • Menjunjung tinggi semangat persaudaraan dan kebersamaan, baik sesame anggota maupun dengan pihak di luar komunitas.
  • Memberikan manfaat positif bagi anggota dan masyarakat umum, dengan pilihan kegiatan positif dan tidak mengganggu ketertiban umum.
  • Menjaga prinsip netralitas dalam kegiatan yang memiliki kepentingan politik bagi kelompok tertentu, misalnya dalam konteks pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif, atau pemilihan presiden.
  • Menjaga kesantunan sosial dan ketaatan terhadap hukum dan aturan yang berlaku, yang didukung kesediaan untuk bertanggung jawab terhadap dampak kegiatan

DSC_1767

Selain itu, komunitas perlu menentukan program kegiatan jangka pendek, menengah, dan panjang

  • Perencanaan Jangka Pendek.Jangka waktu perencanaan ini maksimal satu tahun dan kegiatannya tak memerlukan perincian yang sangat mendetail. Misalnya, jadwal nongkrong mingguan atau bulanan.
  • Perencanaan Jangka Menengah.Jangka waktu perencanaan ini dua-tiga tahun. Karena lama, jenis kegiatan ini membutuhkan perincian detail. Misalnya, touring keliling Jawa.
  • Perencanaan Jangka Panjang adalah perencanaan yang memiliki sasaran dan tindakan yang disarankan yang meliputi jangka waktu lebih lama, paling sedikit lima tahun dan membutuhkan pertimbangan secara lebih mendetail agar lebih matang. Misalnya, membangun hubungan dengan satu perusahaan sponsor untuk membuat gerakan sosial yang berkaitan dengan motor dan masyarakat. Misalnya, komunitas motor mengupayakan perpustakaan keliling ke daerah-daerah terpencil

DSC_1769

Selain menyusun program program kegiatan club atau community kita perlu membangun jaringan terhadap Hubungan yang tercipta antara komunitas motor, sebelum melakukan sinergi, sebuah komunitas harus sudah terlebih dahulu selesai dengan masalah internal, seperti memiliki kekompakan pengurus dan badan hukum yang resmi. Untuk membangun sinergi ini, kita tentu paham betul bahwa membangun jaringan itu sangat penting.

Berikut ini beberapa langkah agar komunitas motor bisa membangun jaringan, baik dengan sesama komunitas motor maupun lembaga lainnya.

1381622_670612309629091_475205956_n

  1. Integritas

Sudah menjadi kewajaran bila komunitas pasti membangun hubungan dengan sesama mereka.

10365872_793709237339343_316113468270581122_n

  1. Pandai Melihat Kesempatan

Sering-seringlah membuka pertemanan dengan komunitas lain, bahkan terhadap yang sama sekali belum dikenal.

1557721_748287041849392_1565400040_n

  1. Menjaga Jaringan

Kita mengenalnya dengan istilah silaturahmi. Silaturahmi memang mampu melanggengkan persahabatan dan juga hubungan positif lainnya.

SONY DSC
SONY DSC
  1. Bermitra Dengan Aparat

Komunitas motor yang sehari-hari bertemu aspal dan jalanan, tentu akan lebih bermanfaat bila membangun hubungan dengan aparat kepolisian.

  1. Bermitra dengan Astra Honda Motor

kalian bisa bermitra juga dengan perusahan yang dari brand kalian ini saya ambil contoh dari saya juga club Honda yang binaaan nya Astra Honda Motor Sebagai produsen sepeda motor Honda, PT Astra Honda Motor melalui main dealer, tentu sangat terbuka membuka untuk membangun hubungan dengan komunitas motor Honda yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Selalu tersenyum

Ibarat rumah, senyum adalah pintu masuk. Jika pintu masuknya terbuka, tamu pun tentu senang untuk singgah.

akhirnya finis juga membahas soal bagaimana cara menejemen club atau community yang baik dan benar jangan lupa ya tunggunin berita berita yang menarik diblog ane cah….

Monggo Nek Mau Tinggalkan Comment