[Part 1]|Bagaimana sih Cara Menejemen Club yang baik dan benar??|

Bro n Sis selamat Siang semuanya, udah hari jumat aja nih mau masuk weekand nih sudah tau tujuan kalian untuk berakhir pekan dan jangan lupa loh safety riding saat berkendara. pada hari ini ane mau bahas soal Club atau Community kalian pasti ada yang ikut gabung dengan club atau Community ane akan membahas soal bagaimana sih memenejemen club atau community yang baik dan benar. so jangan kemana mana loh tetap stay di blog ane cah banyak yang akan kita bahas loh…

S4031216.JPG

 

Bro n Sis Perkembangan komunitas motor di Indonesia ibarat jamur di musim hujan. Atas rasa cinta pada sepeda motor dan kesamaan hobi melakukan touring mereka membentuk berbagai komunitas yang unik. Dengan berbagai kegiatan, mulai sekedar penjelajahan hingga ikut terlibat menjadi relawan kebencanaan maupun aktifitas kecintaan pada lingkungan seperti penanaman pohon sampai aktifitas pelestarian budaya. Namun, tak semua komunitas motor ini bisa ber tahan dan berkembang. Ada yang gugur ada juga yang terus eksis dan melibatkan ribuan anggota. Mengelola sebuah komunitas, apapun latar belakangnya, ternyata membutuhkan kemampuan untuk berorganisasi. Mulai membentuk pengurus, mengelola sumber keuangan untuk kegiatan, hingga membuat berbagai program. Kemampuan manajemen, menjadi sangat mutlak untuk mengembangkan sebuah organisasi.

1557721_748287041849392_1565400040_n

komunitas adalah kelompok yang menunjukkan adanya kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas keanggotaan, seperti kesamaan tempat atau daerah, kesamaan profesi, dan kesamaan hobi. Komunitas yang berdasarkan daerah atau tempat, misalnya, Badan Musyawarah Sunda sebagai wadah masyarakat Sunda yang ada di banyak kota besar; yang berdasarkan hobi, kita sering melihat perkumpulan penggemar sepeda onthel dan ada juga komunitas motor. Ada empat faktor yang membentuk komunitas:

  1. komunikasi  dan keinginan berbagidalam dunia motor, komunitas motor adalah mereka yang hobi motor tentu senang berbagi pengalaman selain juga juga tips dan trik merawat kendaraan.
  2. tempat  yang disepakati bersama untuk bertemu; komunitas motor tentu memiliki tempat berkumpul untuk bertemu dan berdiskusi.
  3. ritual dan kebiasaan; biasanya anggota komunitas motor memiliki jadwal bertemu dan juga melakukan kegiatan dalam periode tertentu.
  4. pendiri: anggota pendiri merintis sesuatu dan selanjutnya para anggota lainnya terlibat mengerjakan bersama-sama

20140420_090750.JPG

Komunitas motor lahir atas dasar Hobi yang sama dan bisa jadi ajang menyebar inspirasi.

“Setalah beberapa orang yang memiliki kesamaan hobi berkumpul, lantas apa yang mereka lakukan untuk bisa mendirikan komunitas??” mendirikan komunitas karena memiliki kesamaan dalam gandrung terhadap sesuatu.

Berikut ini beberapa langkah agar komunitas yang kita dirikan senantiasa awet

  1. Mengumpulkan teman yang sama-sama hobi motor
  2. Menetapkan tujuan dan visi-misi
  3. Merencanakan Kegiatan
  4. Mengadakan Pertemuan Rutin
  5. Promosi
  6. Konsistensi dan Ketulusan
  7. Menyusun Pengurus
  8. Melatih Naluri Kepemimpinan
  9. Melatih Kemampuan Negosiasi dan Penyelesaian Konflik
  10. Melatih Kemampuan Perencanaan
  11. Mengasah Kemampuan Persahabatan
  12. Komunitas dan Badan Hukum
  13. Membuat Akta Pendirian Ke Notaris.

 

Be the first to comment

Monggo Nek Mau Tinggalkan Comment